9 Tips Membangun Bisnis Kecil Menjadi Lebih Sukses

Membangun-Bisnis-Kecil-Menjadi-Lebih-Sukses

Sebuah bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja, pasti ada proses yang harus dilalui hingga berhasil menjadi bisnis yang berhasil. Banyak pengusaha yang gagal dalam membangun bisnis walaupun mereka telah bekerja keras, namun tidak sedikit juga yang meraih sukses di dalam membangun bisnis yang beromset miliaran bahkan triliunan.

Dirangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa tips membangun sebuah bisnis kecil hingga menjadi lebih sukses. Berikut ulasannya:

1. Membangun Bisnis yang Realistis

Bebeberapa orang mungkin ingin membangun sebuah model bisnis yang benar-benar baru dan belum familiar. Bila Anda seseorang yang masih awam atau masih baru di dunia usaha, sangat disarankan untuk melihat model bisnis yang sudah berhasil. Tentunya membangun usaha yang sudah jelas menjanjikan dan ada contoh nyata yang sudah sukses dengan model bisnis tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan membangun sebuah usaha yang masih sangat baru atau belum jelas potensinya.

Artikel terkait: 10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

2. Mencari Investor Untuk Bisnis

Masing-masing bisnis tentunya punya resiko tersendiri, karena itu akan lebih baik bila kita bekerjasama dengan orang lain untuk membangun sebuah usaha. Menemukan investor yang tepat akan sangat membantu perkembangan sebuah bisnis. Investor dapat membantu dalam penyediaan modal, sehingga kita tidak harus menghabiskan uang di awal dan tidak perlu berhutang kepada pihak lain.

3. Bekerja Keras Menjalankan Usaha

Tidak ada bisnis yang berhasil jika tidak dibarengi dengan kerja keras. Terkadang perjalanan membangun sebuah usaha akan terasa sangat berat di awal, bahkan seringkali kita hampir putus asa karena melihat bisnis yang dirintis tidak kunjung berkembang. Memang sudah seharusnya seorang pebisnis bekerja lebih keras dibandingkan dengan orang lain yang berprofesi sebagai pegawai atau karyawan, kerja keras adalah sebuah keharusan. Jika Anda tidak suka bekerja keras, maka profesi wirausaha sangat tidak cocok dengan Anda.

4. Menghargai Waktu

Kita tahu pepatah yang mengatakan bahwa waktu itu adalah uang, ini bukan hanya sekedar pepatah tapi memang begitulah kenyataannya. Mereka yang mau memanfaatkan waktunya dengan baik selalu mendapatkan nilai dan kemajuan dalam bisnis mereka. Kita bisa saja memberikan harga atau nilai pada waktu yang kita habiskan, misalnya nilai waktu Anda adalah Rp 50.000,- per jam. Dengan begitu kita bisa lebih menghargai waktu dan tidak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat bagi bisnis Anda.

5. Rekrut Karyawan yang Terampil

Semua jenis bisnis pada waktunya akan membutuhkan tenaga kerja yang handal. Setiap kali Anda merekrut tenaga kerja, pastikan orang tersebut memiliki kemampuan atau keahlian yang memang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa si tenaga kerja mau bekerja keras sesuai dengan standar yang telah Anda buat.

6. Menjual Kelebihan Bisnis Anda

Proses pemasaran adalah hal yang sangat krusial untuk semua jenis usaha, apalagi jika Anda punya pesaing untuk produk/ jasa yang dijual. Beberapa pengusaha mungkin akan memilih untuk bersaing dengan cara menurunkan harga jual, tapi ini berpotensi akan merugikan. Untuk tetap menjaga persaingan bisnis tanpa harus menurunkan nilai jual produk Anda, akan lebih baik bila Anda menawarkan sesuatu yang berbeda yang tidak dimiliki oleh pesaing. Salah satunya adalah pelayanan yang lebih baik, menawarkan harga khusus untuk paket tertentu, atau menyediakan kemasan yang menarik untuk setiap produk yang dijual.

7. Mengetahui Tentang Harga Dasar

Setiap pengusaha harus memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang harga dasar, misalnya biaya untuk sewa tempat usaha, biaya pengadaan peralatan untuk menjalankan usaha, biaya listrik, dan lain-lain. Keseluruhan biaya tersebut kemudian dibagi dengan berapa lama kita akan membuka sebuah usaha dalam setahun. Dengan cara ini kita bisa mengetahui harga dasar membangun sebuah usaha.

8. Membangun Hubungan Baik Dengan Vendor

Bagi bisnis yang bekerjasama dengan pihak lain untuk pengadaan barang, tentunya ingin terus menjalin hubungan baik dengan mereka. Hubungan yang baik dengan vendor akan membantu memperlancar banyak urusan pengadaan barang. Selain itu, vendor yang senang bekerjasama dengan Anda bisa saja memberikan diskon atau layanan biaya kirim gratis, dan mau memaklumi saat terjadi keterlambatan pembayaran Anda.

9. Menjadi yang Terbaik Dalam Bisnis Anda

Saat kita telah memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha, maka Anda harus melakukannya sepenuh hati. Jika bisnis Anda menjual produk/ jasa, pastikan klien Anda mendapatkan yang terbaik dari produk/ jasa yang Anda tawarkan, dan berikan pelayanan terbaik bagi semua pelanggan secara merata. Jika kita melakukannya secara konsisten, maka promosi mulut ke mulut akan membuat bisnis Anda semakin terkenal dan semakin berkembang.

Baca juga: 3 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Di atas tadi adalah 9 tips membangun bisnis kecil menjadi lebih sukses. Mudah-mudahan artikel ini memberikan manfaat bagi Anda.

Anda sedang membaca Artikel tentang » 9 Tips Membangun Bisnis Kecil Menjadi Lebih Sukses
Untuk mendapatkan harga murah grosir langsung dari pabrik silahkan hubungi kami segera di 085772215758.

Atau datang langsung ke alamat kami di
Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur
Gabung dengan komunitas bisnis baju murah di facebook kami, untuk mendapatkan informasi update promo produk bisnis.
facebook delta grosir

Produk Bisnis Kami Lainnya

Grosir Gamis Katun Jepang Murah surabaya Grosir Kerudung Jilbab Murah surabaya Bisnis Baju Anak murah surabaya
Grosir Daster Jumbo Murah surabaya Grosir Mukena Katun Jepang Murah surabaya Grosir Kaos Distro Murah surabaya
Grosir baju muslim murah surabaya Grosir Mukena Bali Lukis Katun Murah surabaya Bisnis Baju Anak murah surabaya